Headlines News :
Home » » MELATIH KONSENTRASI DAN KECERDASAN

MELATIH KONSENTRASI DAN KECERDASAN

Written By Dede Diagram on Friday, April 13, 2012 | 7:26 AM


Konsentrasi adalah keadaan dimana otak dan fikiran manusia mampu untuk fokus terhadap satu objek secara maksimal, sedangkan kecardasan dapat kita artikan sebagai sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar.

Banyak orang kesulitan dalam berkonsentrasi, terutama ketika harus memecahkan masalah, kadang kita merasa blank atau tidak punya ide sama sekali apalagi untuk berkonsentrasi. Tidak berkonsentrasi dapat berakibat fatal, bayangkan saja ketika kita berkendara dan kehilangan konsentrasi, dabat membahayakan bagi kita dan orang lain.

Banyak hal yang dapat dilakukan manusia dalam hal melatih konsentrasi, saya pernah membahas tentang itu, tapi mungkin penjelasannya masih terlalu umum. di bawah ini ada bebebrapa tips yang dapat dilakukan untuk melatih konsentrasi:
  1. Senam Pura-pura Mati. Kedenganrannya seperti sebuah lelucon, akan tetapi tips spele ini dapat dipakai untuk melatih konsentrasi manusia, caranya adalah dengan membiarkan tubuh terlentang bebas tanpa beban, usahakan tidak ada benda yang menindih atau menyangkut di bagian tubuh kita yang dapat mengalihkan perhatian kita, setelah itu kosongkan fikiran dengan melupakan semua yang ada di fikiran kita satu persatu, usahakan benar-benar kosong. setelah fikiran kita benar benar kosong (jangan sampai tertidur), pusatkan perhatian pada satu benda, dan usahakan memikirkan benda itu sampai sedetail-detailnya, bisa bentuk, warna, harga, dimana dibeli, siapa pembuatnya, dan seterusnya. setelah benar benar detail baru beralih ke benda lain.
  2. Dengan Bantuan Media. Bisa berupa permainan atau game online, banyak game online yang menyediakan sarana untuk melatih daya konsentrasi kita. Dalam hal ini kita tentu harus bisa memilih game dengan bijak, banyak orang menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain game online yang tidak bermanfaat, ini tentu tidak baik.
  3. Dengan Bantuan Gambar atau Interpretasi Gambar.
  • Coba Anda perhatikan gambar di bawah ini, berapa orang di dalam gambar?
  • Berapa banyak kuda yang ada di dalam gambar?

  • Berapa banyak rusa yang ada dalam gambar?

  • Berapa Banyak orang di dalam gambar?

salah satu penyebab lambannya kita dalam menganalisa adalah belum optimalnya fungsi otak kanan dan otak kiri, dalam hal ini kita sedikit tidak harus berusaha menyeimbangkan fungsi otak kanan dan otak kiri, saya pernah membahas ini dalam MENGENALI POTENSI DIRI DARI DOMINASI OTAK KANAN ATAU OTAK KIRI, dominasi salah atu fungsi otak dapat berpengaruh pada kemampuan manusia dan kecerdasan manusia, jadi idealnya kita harus mampu menyeimbangkan fungsi otak kanan dan otak kiri

Coba perhatikan gambar di bawah ini


Mungkin pembaca punya cara sendiri untuk melatih konsentrasi dan kecerdasan, saya hanya menulis apa yang saya ketahui, silahkan mencoba semoga bermanfaat
Share this article :

3 comments:

  1. Untuk gambar terakhir jika dalam waktu yg cepat, saya selalu menyebut warna , karena memang sering memakai otak kanan. Kalau disuruh menyebut kata sesuai warna harus konsentrasi dulu hehehehe..

    ReplyDelete

 
Copyright © 2011. Diagram Band - All Rights Reserved