Headlines News :
Home » » MENGENALI POTENSI DIRI DARI DOMINASI OTAK KANAN ATAU OTAK KIRI

MENGENALI POTENSI DIRI DARI DOMINASI OTAK KANAN ATAU OTAK KIRI

Written By Lalu Dedi Hartono on Saturday, March 31, 2012 | 7:43 AM


Saya mau mengajak pengunjung Blog Kanak Kateng untuk berdiskusi tentang Otak, ini juga oleh-oleh dari kegiatan Diklat Prajabnas. Saat itu dalam materi Mind Set, Widyaiswara meminta peserta untuk menyilangkan jari tangan kanan dan tangan kiri hingga membentuk suatu genggaman. Kemudian menjelaskan, jika jempol kiri berada di atas jempol kanan, maka yang dominan adalah otak kanan, dan sebaliknya. Lalu apa fungsi otak kiri dan otak kanan?

Sebelum kita berdiskusi tentang itu, silakan perhatikan gambar di bawah ini:



test, otak kiri dan otak kanan

Jika anda melihat gadis ini berputar searah jarum jam maka Anda menggunakan otak kanan. Jika anda melihat gadis ini berputar berlawanan arah jarum jam maka Anda menggunakan otak kiri. Beberapa orang dapat melihat gadis ini berputar kedua arah, tetapi kebanyakan orang melihat hanya satu arah

Nah, apa fungsi otak kiri dan otak kanan?

Otak belahan kiri

Otak kiri dicirikan dengan karakteristik yang berhubungan dengan kemampuan analisis, logis, urutan, objektif dan rasional. Dengan karakterisitik ini, orang yang dominan menggunakan otak kiri cenderung memiliki pendekatan rasional terhadap kehidupan. Orang yang dominan otak kiri akan lebih tertarik dengan angka, kata-kata atau simbol. Dengan cara berpikirnya yang logis dan rasional, individu dengan dominansi otak kiri cenderung melakukan kemampuan analisa dengan baik. Misalnya dalam bidang teknik atau akutansi. Orang dengan dominasi otak kiri berpengalaman dalam perencanaan, dan orang ini jarang sekali melakukan persiapan di saat-saat terakhir.

Otak belahan kanan

Di sisi lain, karakteristik yang terkait dengan otak kanan adalah intuitif, acak, subjektif, holistik (secara menyeluruh) dan sintesis. Dengan karakteristik ini, orang yang dominan dengan otak kanan cenderung lebih kreatif ketimbang orang yang dominan otak kiri. Kenyataan bahwa orang dengan dominansi otak kanan lebih cenderung menyukai aspek visual, sehingga orang-orang tersebut jarang menanggapi masalah secara rinci. Individu dengan dominansi otak kanan cenderung lebih kreatif dan intuitif, baik di bidang seni yang kreatif, maupun di bidang-bidang lainnya. Individu tersebut memiliki waktu yang tepat untuk memprioritaskan hal-hal yang sulit, karena sebagian besar keputusan yang dibuat pada saat terakhir. Jika dua individu diberikan beberapa kasus, satu dengan dominansi otak kanan dan yang lainnya dengan dominansi otak kiri, orang dengan dominansi otak kanan akan mulai bekerja tanpa melalui manual instruksi. Sedangkan individu dengan dominansi otak kiri akan melakukannya melalui manual, memahami konsep, baru kemudian menangani kasus tersebut.

Coba perhatikan sekali lagi gambar gadis yang berputas di atas. hasilnya kira-kira seperti ini:
  1. Kalau bisa melihat hanya searah jarum jam Artinya anda adalah seorang pemakai otak kanan yang cenderung berpikir abstrak. Anda cerdas secara visual, komunikasi dan kreativitas yang baik. Anda juga gak suka mikir yang detil.
  2. Kalau bisa melihat hanya berlawanan arah jarum jam Artinya anda adalah seorang pemakai otak kiri yang cenderung berpikir secara teratur dan analitis. Anda cocok banget buat jadi seorang ilmuwan, ahli matematika, ahli fisika dan ahli2 lainnya.
  3. Jika Anda dapat mengganti arah berputar tanpa melihat salah satu arah dan tanpa merubah pandangan, maka IQ anda hampir setara jenius level. Menurut sumber, hanya 14 % populasi di Amerika dapat melihat gadis ini berputar dua arah.
  4. Kalau bisa melihat 2 arah berlawanan Artinya, anda bisa mengoptimalkan pemakaian kedua otak Anda, kiri dan kanan.
Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat..
Share this article :

21 comments:

  1. thanks tuh kaka info nya bagus banget
    tolong mampir juga ya ke site blogger ku
    soal nya masih pemula
    kaka saya juga mohon dari kaka jgn lupa comment ya plizz (BERHARAP)

    http://dofollowdotkom.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Siiip, nanti saya mampir, maksih kunjungannya ya..

    ReplyDelete
  3. waahh,,bagus sekali infonya,,,makasih infonya
    salam kenal

    ReplyDelete
  4. makasih infonya,,bagus banget artikelnya,,semoga bermanfaat,,

    ReplyDelete
  5. wah makasih niihh infonya..saya jdi penasaran hhe

    ReplyDelete
  6. mmhh jd penasaran niihh..coba disimak dulu deehh..

    ReplyDelete
  7. Postingan yang menarik gan. Lebih menarik lagi klo kita saling manyambng tali silaturahmi.

    Kami tunggu ku njungan dan follownya di LA MBARI corp.

    ReplyDelete
  8. Kalo ane sih melihat gambar wanita itu berputar searah jarum jam, begitu juga ketika disuruh menyilangkan ibu jari sampai terlihat menggenggam, ibu jari kiri di atas ibu jari kanan, yg mana itu berarti ane murni pengguna otak kanan, lalu bagaimana ya caranya mereka yg bisa melihat gambar wanita berputar itu 2 arah, atau berlawanan arah jarum jam, ane pikir itu mustahil, mengapa? Karena ane sudah 30 menit (kurang lebih) menatap gambar wanita berputar itu, dan hasilnya nihil, tetap saja wanita itu berputar searah jarum jam, ane berusaha untuk mengubah arahnya, tidak bisa sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena emang dominan otak kanan sob, saya melihatnya berputar ke dua arah, kadang-kadang kanan, kadang-kadang kiri..

      Delete
  9. kalu saya juga bisa mengubah arah'a jadi searah jarum jam,, ataupun sebaliknya

    ReplyDelete
  10. hahaha.. kok susah bgt ya saya mengoptimalkan otak kanan saya, ada tips gak ya??

    ReplyDelete
  11. saya bisa merubah arah wanita itu berbalik searah jatum jam.. mouse gerakin dibawah kakinya wanita itu

    ReplyDelete
  12. tiba-tiba bisa ganti arah, tapi nggak langsung, kalo udah ganti pandangan.

    ReplyDelete
  13. Ada yang bisa kasih saya masukan ga ya?
    Saya merasa aneh banget dengan gambar diatas. Berkali-kali atau selama apapun melihat gambar tsb tetap saja terlihat berputar searah jarum jam. Orang yang bilang bahwa gambar itu bisa berputar kebalikan itu jujur atau bohong ya... :)
    Kalo memang saya dominan otak kanan, kenapa di ciri-ciri dominan otak saya ada pada dominasi otak kiri. Saya hampir selalu rangking 1 di sekolah terutama saat kelulusan. Saya menyukai hitung-hitungan. Saya pandai berbicara pada usia lebih muda dari orang kebanyakan (kata ortu), sedikit mengerti n bisa menggunakan beberapa bahasa asing. Sering diminta membuatkan teks presentasi oleh tim. Dan masih banyak contoh bahwa saya dominan otak kiri. Tapi anehnya, gambar tsb jelas sekali hanya berputar searah jarum jam. Mohon bantu saya memberi pandangan agar saya tidak penasaran. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisaa kok. cari satu ttik fokusnya

      Delete
    2. Teman saya dosen matematika, walaupun dia dominan otak kanan. Ini hanya masalah dominasi. Kalau sudah tahu sesuatu itu harus pakai analisis dan logika, walaupun dominan otak kanan tetap saja kemampuan okinya muncul. Mungkin ini bisa juga dilakukan sebagai salah satu tes. Ketika terjadi kecelakaan dimana ada seorang yang terluka parah di sana. Jika seorang yang dominan otak kiri mengamati kecelakaan tsb dia akan bertanya dalam hati: bagaimana kecelakaan ini bisa terjadi ya? Apakah karena mengantuk? Apa karena ada yang menyetir ugal-ugalan dst... dst. Tetapi bila orang tersebut dominan otak kiri maka dia akan lebih peduli pada korban yang ada di sana bukan menganalisis kenapa kejadian tsb terjadi. Mudah-mudahan membantu.

      Delete
  14. GW bisa liat tuh cw muter ke kanan kalau putaranya kencang

    ReplyDelete
  15. saya bisa melihat 2 arah bahkn tidak sempat satu putaran bisa saya ubah lagi arah putarannya,,, dengan hanya melihat satu titik,,, artinya apa???

    ReplyDelete
  16. Saya sudah dua kali tes dominasi otak dan hasilnya saya dominan menggunakan otak kiri (7 : 3). Dan saya bisa melihat gambar tsb berputar ke kedua arah. Tetapi tampaknya tes ibu jari tidk berlaku buat saya, karena ibu jari kiri saya di atas ibu jari kanan.

    ReplyDelete

 
Copyright © 2011. Diagram Band - All Rights Reserved