Headlines News :
Home » » Profil I Wayan Balawan

Profil I Wayan Balawan

Written By Dede Diagram on Tuesday, April 10, 2012 | 9:11 PM


Ketika dunia terpana oleh permainan canggih dari gitaris-gitaris papan atas, sebut saja Yngwie Malmsteen, Joe Satriani, Steve Vai, Paul Gilbert, dan lain-lain, Indonesia masih menyimpan potensi yang membanggakan, seorang gitaris jazz yang kerap disebut sebagai satu-satunya gitaris 8 fingers tap di Indonesia, Ya, I Wayan Balawan.

I Wayan Balawan Lahir di Gianyar, Bali, pada tanggal 9 September 1973. Balawan mulai bermain Musik sejak usia 8 Tahun dan kemudian membentuk bandnya ketika masih di Sekolah Dasar. Balawan memainkan beberapa lagu Scorpions, Deep Purple dan Beatles. Berhubung Bosan dengan Musik Rock, Setelah lulus Sekolah Balawan pindah ke Sydny untuk belajar Gitar jazz dan Vocal di Australian Institut Of Music.

Balawan menjadi di kenal di Sydny selama 5 Tahun sampai akhirnya dia kembali ke kampung halamannya di Bali pada Tahun 1997 dan kemudian membentuk band bernama Batuan Ethnic Fusion (Musik Ethnis Bali yang di kombinasikan dengan Musik jazz). Album perdana Batuan Ethnic Fusion berjudul "Globalism" akhirnya di rilis.

Balawan adalah seorang gitaris yang sangat berbakat dengan gaya permainan yang sangat khas, yang di kenal dengan teknik "Touch Tapping Style" (Seperti halnya Stanley Jordan). Sebuah permainan yang memanfaatkan ke-delapan jari untuk memainkan tap pada fretboard. Sekilas permainan ini keliatan seperti permainan piano: Permainan bass, chord dan melody, semuanya di mainkan jari kiri dan jari kanan... nyaris tanpa di peik. permainan Balawan terkesan sangat halus dan licin. Uniknya Balawan mendevelop sendiri tap indevendent dimana permainan jari kiri dan kanan benar-benar tidak ada hubungannya (Berbeda sama sekai). Untuk mewujudkan hal ini, Balawan juga melatih teknik indevendent ini pada permainan drum. sumgguh merupakan sebuah kejutan karena ternyata Balawan merupakan seorang pemai drum yang baik pula.

Di Indonesia Balawan telah di akui ebagai salah satu Gitaris terbaik di Indonesia, Balawan sudah sering mengisi acara Tv di Indonesia dan tampil di jazz cafe, Ubud (Bali) bersama bandnya Batuan Etnic Fusion dan Group jazz nya. Balawan adalah seorang guru gitar dan sering tampil di beberapa Sekolah Musik di Indonesia. Balawan juga diendorse oleh Ibanez dan Laney. Sebelumnya Blawan juga telah melakukan Tour di Eropa: East Meet West Gitarren Festival Edekoben Germany 2000 Tour, tour ke 20 Kota di Germany pada Tahun 2001, tour ke Hell Blues Festival di Noway (Sept 2001) dan merilis album solonya yang di Produksi di Jerman pada Tahun 2001.
Share this article :

1 comment:

 
Copyright © 2011. Diagram Band - All Rights Reserved