Headlines News :
Home » » TIPS MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

TIPS MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

Written By Lalu Ikromi Agung Revolusi on Tuesday, March 20, 2012 | 7:33 AM


Sebagian orang menganggap Ujian Nasional sangat menyakitkan, banyak siswa menjadi tertekan dan stress menghadapi Ujian Nasional. sebagian mengaku bahwa Ujian Nasional adalah suatu penyiksaan lahir dan batin, karenanya sebagian besar siswa sekolah di Indonesia sangat antipati terhadap Ujian Nasional, namun tidak ada jalan lain untuk menghindari selain berpasrah diri.

Apakah memang Ujian Nasional sebegitu menakutkan? sebenarnya tidak. pada dasarnya Ujian Nasional (UN) diperuntukkan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa dan mengevaluasi keberhasilan program pendidikan yang telah direncanakan dan dijalankan oleh sekolah itu sendiri. di samping itu UN juga dilakukan untuk membandingkan mutu pendidikan di masing-masing daerah sebagai bahan untuk membuat kebijakan yang lebih baik untuk kemajuan pendidikan nasional.

Peserta didik, sebagai target utama Ujian Nasional, harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk menghadapi UN. hal inilah yang sering membuat siswa sekolah kebingungan dan salah membuat program belajar sehingga berakibat fatal bagi dirinya sendiri. banyak siswa menganggap perlu untuk belajar extra hingga menggunakan semua waktunya untuk belajar. sebagian lagi mempersiapkan diri dengan belajar mati-matian menjelang UN hingga melupakan kebutuhan fisiknya, akibatnya pasti tidak baik bagi fisik dan psikis siswa itu sendiri.

Sepanjang pengamatan saya, bahwa belajar dengan cara di atas sangat tidak baik, karena otak manusia sediri sangat terbatas, layaknya sebuah mesin, tentu tidak baik kalau terlalu diporsir untuk mengejar target. sebagaimana tujuan utama Ujian Nasional itu sendiri, bahwa untuk mengukur sejauh mana pemahaman peserta didik pada materi pelajaran selama menjalani PBM di sekolah, jadi sangat tidak mungkin untuk mempelajari materi selama tiga tahun dalam waktu semalam. jadi yang perlu dilakukan hanyalah membaca sepintas materi yang telah dipahami sebelumnya, ini tentu memerlukan waktu yang banyak, oleh sebab itu banyak sekolah memprogramkan SUKSES UJIAN NASIONAL jauh hari sebelum pelaksanaannya, mungkin saat memasuki semester genap pada tahun ajaran tersebut.

Selain teknik belajar membagi waktu di atas, mungkin tips di bawah ini bisa membantu dalam mempersiapkan diri dan menghadapi Ujian nasional itu sendiri.
  • Ujian Nasional menggunakan lembar jawaban khusus, yaitu Lembar Jawaban Komputer. ini membutuhkan konsentrasi dan ketelitian penuh, mengingat banyaknya soal yang harus dijawab dengan cara mengarsir bulatan di lembar jawaban, ini memungkinkan banyak terjadi kesalahan, jadi harus memastikan nomor pertanyaan sesuai dengan jawaban yang disisi. sebagai contoh, jika menjawab pertanyaan nomor 35 di jawaban nomor 34 dan seterusnya, praktis semua jawaban akan salah.
  • Kalau Anda menulis dengan tangan kanan, letakkan lembar jawaban di sisi kanan lembar soal, dengan demikian kita tidak membuang waktu dengan menulis melintasi lembar soal setelah setiap jawaban
  • Untuk alasan yang sama, kalau Anda kidal, letakkan lembar jawaban di sisi sebelah kiri lembar soal
  • Kalau Anda berubah pikiran tentang sebuah jawaban, pastikan untuk menghapus arsiran jawaban sebelumnya dengan hati-hati. karena LJK sangat sensitif terhadap kesalahan sekecil apapun, begitu juga ketika mengarsir harus sesuai dengan lingkaran dan tingkat ketebalan yang benar.
  • Ujian Pemahaman hampir selalu memiliki pertanyaan "gagasan utama", ini bisa disalah artikan dengan pertanyaan "palimg penting" atau "topik". sembari Anda membaca, cobalah cari gagasan utama yang menjadi kunci, terutama di awal atau di akhir paragraf
Lebih dari itu, Ujian Nasional hanyalah bagian kecil untuk mengukur prestasi Anda di sekolah, dan tidak dapat dijadikan patokan utama keberhasilan Anda dalam Proses Belajar di sekolah, keberhasilan Anda dapat Anda nilai sendiri dengan melihat kinerja dan prestasi sehari-hari selama duduk di bangku sekolah, bukan dari nilai Ujian Nasional itu sendiri. jadi, jangan terlalu menganggap Ujian Nasional adalah hal yang menentukan hidup dan mati Anda, itu hanya sebagian kecil dari cara menilai kinerja. jadi, tetaplah semangat dan terus belajar, karena belajar tidak hanya untuk menghadapi UN, tapi untuk masa depan kita sendiri

selamat belar, dan sukses selalu dalam segala hal
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Diagram Band - All Rights Reserved