Komunikasi merupakan aktivitas manusia yang sangat penting, bukan hanya dalam kehidupan organisasi, tetapi juga dalam kehidupan manusia secara umum. Tiada hari tanpa komunikasi, sepanjang detak jantung masih ada. Bahkan orang yang melakukan meditas pun pada hakikatnya sedang melakukan komunikasi, termasuk orang yang sedang bertapa di suatu tempat yang sunyi.
Komunikasi merupakan hal yang esensial dalam kehidupan kita. Kita semua berinteraks dengan sesama dengan cara melakukan komunikasi. Komunikasi dapat dilakukan dengan cara yang sederhana sampai cara yang kompleks. Namun, saat ini perkembangan teknolog telah merubah cara kita berkomunikasi secara drastis. Meskipun sebagian dari kita telah mampu dan terbiasa berkomunikasi, bahkan sejak masih dalam kandungan Ibu, tidak dapat dipungkiri bahwa untuk mampu berkomunikasi secara efektif bukanlah pekerjaan yang sederhana dan mudah untuk dilakukan. Terkadang, kita harus berhadapan pada kenyataan bahwa apa yang kita maksudkan dari sesuatu yang kita lakukan atau katakan belum tentu dapat diterima pihak lain sesuai harapan kita.
Di dunia kerja, ketidaksesuaian respon atau penerimaan pihak lain terhadap maksud yang hendak kita sampaikan tentunya, pada tingkatan tertentu berpotensi menciptakan masalah yang serius, baik pada kita secara langsung, maupun pada institusi tempat kita bekerja Oleh karena itu, sedapat mungkin hendaknya kita mampu meminimalisasi potensi timbulnya kesalahpahaman dalam berkomunikasi dengan orang/pihak lain.
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !