Headlines News :
Home » » KOMUNIKASI YANG EFEKTIF (Materi Diklat Prajabatan CPNS Gol III)

KOMUNIKASI YANG EFEKTIF (Materi Diklat Prajabatan CPNS Gol III)

Written By dede on Tuesday, February 14, 2012 | 1:39 PM


Komunikasi  merupakan  aktivitas  manusia  yang  sangat  penting,  bukan  hanya  dalam kehidupan organisasi, tetapi juga dalam kehidupan manusia secara umum. Tiada hari tanpa komunikasi, sepanjang detak  jantung masih ada. Bahkan  orang yang melakukan meditas pun pada hakikatnya sedang melakukan komunikasi,  termasuk orang yang sedang bertapa di suatu tempat yang sunyi.

Komunikasi merupakan  hal  yang  esensial dalam  kehidupan  kita.  Kita  semua  berinteraks dengan sesama dengan cara melakukan komunikasi. Komunikasi dapat dilakukan dengan cara yang sederhana sampai cara yang kompleks. Namun, saat ini perkembangan teknolog telah merubah cara kita berkomunikasi secara drastis. Meskipun sebagian dari kita telah mampu dan terbiasa berkomunikasi, bahkan sejak masih dalam  kandungan  Ibu,  tidak  dapat  dipungkiri  bahwa  untuk mampu  berkomunikasi  secara efektif  bukanlah  pekerjaan  yang  sederhana  dan mudah  untuk  dilakukan.  Terkadang,  kita harus berhadapan pada kenyataan bahwa apa yang kita maksudkan dari sesuatu yang kita lakukan atau katakan belum  tentu dapat diterima pihak lain sesuai harapan kita.

Di dunia kerja, ketidaksesuaian  respon atau penerimaan pihak  lain  terhadap maksud yang hendak kita sampaikan  tentunya, pada  tingkatan  tertentu berpotensi menciptakan masalah yang  serius,  baik  pada  kita  secara  langsung, maupun  pada  institusi  tempat  kita  bekerja Oleh karena itu, sedapat mungkin hendaknya kita mampu meminimalisasi potensi timbulnya kesalahpahaman dalam berkomunikasi dengan orang/pihak lain.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Diagram Band - All Rights Reserved