Headlines News :
Home » » TIPS PRESENTASI DI DEPAN KELAS

TIPS PRESENTASI DI DEPAN KELAS

Written By dede on Sunday, January 29, 2012 | 9:44 AM

Kebanyakan orang perlu banyak instruksi dan latihan untuk terampil berbicara di depan orang banyak. Itulah sebabnya sebagian besar SMU dan perguruan tinggi menawarkan kursus berbicara di depan umum yaitu public speaking.
Kalaupun kamu tidak pernah mengikuti kursus semacam itu, kamu mungkin dituntut untuk berbicara di depan kelas. Ini bisa menakutkan, apalagi tanpa berlatih, bisa-bisa kamu berdiri saja di depan kelas seperti patung atau merasa mulas. Tapi tenang, kamu nggak sendirian, banyak pembicara yang berpengalaman melaporkan hal yang serupa
Ingatlah bahwa guru kamu tidak menuntut kamu berbicara seperti seorang pakar atau professor, presentasi di depan kelas untuk SMU atau SMP adalah latihan pemanasan untuk presentasi yang lebih formal di perguruan tinggi nantinya. Jadi nggak usah hawatir, kalau kamu nggak bisa, lakukan saja sebisa kamu.

Persiapan presentasi

-          susun bahan presentasi kamu dengan cara yang sama seperti kamu menyusun makalah tertulis. Pertimbangkan hadirin, topic, tujuan dan format.
-          Pertimbangkan berbagai pertanyaan pembukadan penutup untuk memikat dan kuat. Bagian inilah yang akan paling diingat oleh audiens kamu.
-          Ingat-ingat waktu yang diberikan, jangan sampai kamu melebihi batas waktu yang ditetapkan oleh guru kamu
-          Sertakan contoh cerita, lelucon, dan fakta yang menarik
-          Gunakan alat peraga seperti diagram, grafik dan foto. Tapi sebelumnya pastikan kamu sudah berlatih terlebih dahulu menggunakannya supaya kamu nggak grogi waktu presentasi
-          Manfaatkan teknologi computer untuk presentasi kamu, dengan mempelajari perangkat lunak seperti power point.
-          Kalau kamu merasa kurang nyaman memberikan presentasi dengan ingatan, tanyakan apa boleh kamu menuliskannya dan membacakannya keras-keras, atau berusahalah berbicara berdasarkan garis besar yang telah kamu tulis di kartu.
-          Penampilan itu penting, berpakaianlah sepantasnya untuk kesuksesan presentasimu
-          Ingat, presentasi itu bagaikan berangkat perang, prajurit yang berangkat ke medan perang tanpa persiapan dan senjata, akan kembali dengan kekalahan yang memalukan, begitu juga presentasi, tanpa persiapan yang matang, dijamin kamu bakal turun dari mimbar dengan wajah menekur menahan malu.

Kiat-kiat berlatih presentasi

Kalau kamu presentasi perorangan:
-          pertimbangkan oleh kamu guru mana yang enak didengar dan tidak enak didengar, pikirkan apa yang mereka lakukan sehingga kamu merasa begitu. Jadikan hasil pengamatanmu untuk merencanakan presentasi kamu sendiri.
-          Berlatihlah berpidato di depan cermin, ini akan membantu kamu untuk memahami apa yang akan di lihat oleh audiensmu
-          Rekam pidatomu ke dalam kaset atau video, setelah itu dengarkan atau tonton. Apakah terlalu cepat? Apakah kamu bergumam? Apakah kam,u sering banget mengucapkan “ngg” atau “lalu”? apakah kamu terdengar bersemangat? Perhatikan bagian-bagian yang perlu diperbaiki

Kalau kamu presentasi bareng-bareng:
-          pastikan setiap anggota kelompok menyadari tanggung jawabnya, jangan hanya menduga Si Muliadi akan menyampaikan ringkasan pada akhir presentasi. Tuliskan semua tanggung jawab kelompok yang berkaitan dengan pelaporan dan tugaskan ke masing-masing anggota kelompok
-          berlatihlah bersama kelompokmu dengan batasan waktu. Setelah itu diskusikan dan berlatihlah lagi
-          berlatihlah dengan alat peraga, misalnya kamu mungkin ingin salah satu dari anggota kelompokmu memegang poster selama presentasi itu. Latih ini sebelumnya sepaya kamu nggak perlu buang-uang waktu saat presentasi untuk menentukan siapa memegang apa.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Diagram Band - All Rights Reserved