Headlines News :
Home » » BELAJAR BERMAIN BASS (BAGIAN 2)

BELAJAR BERMAIN BASS (BAGIAN 2)

Written By dede on Thursday, January 19, 2012 | 9:37 PM

Seperti janji saya beberapa waktu yang lalu, saya akan melanjutkan tutorial tentang bass, yang sebelumnya saya share tentang bagaimana memahami petunjuk dalam membaca scale bass, bagi yang belum baca silahkan klik disini. sekarang saya akan melanjutkannya dengan memberikan beberapa koleksi scale bass yang saya susun. semoga ini bermanfaat bagi teman-teman pemula, sekali lagi saya tidak bermaksud menggurui, saya hanya berbagi pengalaman pada Anda.

1. Nada C mayor

kita mulai dari nada yang paling dasar yaitu nada C mayor. seperti halnya pada gitar, letak nada C pada alat musik bass adalah sama, namun scale bass dan gitar agak sedikit berbeda. untuk lengkapnya silahkan perhatikan gambar di bawah:


Seperti yang saya jelaskan pada postingan sebelumnya yaitu Belajar Bermain bass bagian satu, bahwa not yang berwarna biru adalah permulaan not pada nada C mayor, sedangkan not lain adalah not yang dimainkan ketika memainkan nada C Mayor, kemudian not yang paling kiri yaitu susunan nada E A D G adalah not yang dimainkan tanpa menekan senar atau loss senar.

2. Nada Am

selanjutnya kita lanjutkan ke scale pada kunci A Minor/Am, pada dasarnya not yang dimainkan pada nada Am adalah sama seperti nada yang dimainkan pada nada C mayor, hanya saja kita harus memperhatikan not yang kita mainkan pertama kali yaitu nada dasar A, dalam hal ini ditantai dengan not warna merah. lihat gambar di bawah:


Sampai disini kawan-kawan bisa membedakan antara nada C dan Am. selanjutnya silahkan latihan mulai dari tempo yang pelan sampai Anda benar-benar bisa memainkan keseluruhan nada yang ada dengan tempo yang lebih tinggi serta tepat tentunya, selamat berlatih. dan ditungggu scale-scale selanjutnya. salam Diagram
Share this article :

1 comment:

 
Copyright © 2011. Diagram Band - All Rights Reserved