Headlines News :
Home » » BELAJAR BERMAIN BASS (BAGIAN 1)

BELAJAR BERMAIN BASS (BAGIAN 1)

Written By dede on Tuesday, January 17, 2012 | 4:52 PM

Kebanyakan para bassist pemula kebingungan dalam berekspresi, kebanyakan hanya berkutat pada satu not dasar saja dan tidak berani berekspresi. Di sini saya akan mencoba berbagi sedikit pengalaman pada Anda, bukan berarti saya menggurui Anda, saya hanya ingin berbagi sedikit ilmu, kebetulan dalam formasi band diagram saya dipercaya menggendong bass (dan memainkannya tentunya). Untuk para senior, mohon saya diperbaiki kalau keliru.

 Bass adalah salah satu hal terpenting dalam sebuah instrument music, apalagi dalam formasi sebuah grup band. Pemain bass memiliki tangggung jawab yang besar, kesalahan-kesalahan kecil dalam permainan bass sangat berpengaruh pada harmonisasi instrument music. Kesalahan – kesalahan kecil yang saya maksud adalah salah mengambil not dalam berimprovisasi, (kecuali pada jenis music tertentu).

Nah, untuk meminimalisir kesalahan tersebut, seorang bassis haruslah menguasai dan bersahabat dengan istilah scale bass. Scale bass dapat kita artikan secara sederhana yaitu kumpulan not-not yang membentuk sebuah kunci pada bass, dengan kata lain adalah kemana jari kita (yang jempol semua itu, hehe) akan diarahkan ketika membetot bass.

Scale bass ini apabila dimainkan solo dan dengan kecepatan yang stabil, bisa juga dipakai untuk pertunjukan solo, tapi ingat jangan sombong.

Di sini saya memberikan sedikit gambaran bagaimana scale bass tersebut. Akan tetapi untuk dapat memahami materi ini anda harus memahami instruksi awal yang saya berikan:
Berikut ini instruksinya, silahkan diamati dan difahami dengan benar:

1. Pada nada mayor





2. Pada Nada Minor







Sampai disini bisa difahami kan? saran saya silahkan difahami baik - baik dulu sebelum kita lanjutkan tutorial ini, karena ini merupakan pelajaran dasar dan sangat penting, selanjutnya kita akan masuk pada scale bass secara lengkap, tapi nanti. penasarankan? rajin-rajinlah berkunjung ke blog ini, pada posting selanjutnya saya akan membahas panjang lebar tentang scale bass, selamat berkreasi. salam diagram.







Share this article :

1 comment:

 
Copyright © 2011. Diagram Band - All Rights Reserved