Headlines News :
Home » » TIPS TAMPIL KEREN DAN MAKSIMAL DI ATAS PANGGUNG

TIPS TAMPIL KEREN DAN MAKSIMAL DI ATAS PANGGUNG

Written By Dede Diagram on Thursday, May 10, 2012 | 5:00 PM


Tampil maksimal di atas panggung merupakan keharusan bagi seorang enternainer, juga bagi seorang gitaris atau bassist, tampil percaya diri dan elegan di atas panggung itu harus, banyak gitaris berbakat tapi tidak Pe-De ketika bermain di atas panggung. lalu apa saja yang perlu kita siapkan ketika manggung?

Perhatikan cara berpakaian.

Tentu saja, bagaimana mungkin kita bisa menghibur orang dengan penampilan seadanya? tapi penampilan yang rapi dan full accesories tidaklah menjamin seseorang tampil maksimal di atas panggung, dalam hal ini sesuaikanlah cara berpakaian dengan warna musik yang kita sajikan. contoh, tidak pas kelihatannya seorang rocker memakai jas, dasi dan sepatu mengkilat ala kantoran, ya kan?

Kuasai lagu.

Apa maksudnya menguasai lagu? dalam hal ini dapat kita artikan sebagai bermain tanpa ragu-ragu, tanpa takut salah memainkan nada. menguasai lagu berarti kita tidak harus berfikir tentang lagu itu di atas panggung dengan sorotan kamera atau mata penonton, usahakan semua lagu yang akan dimainkan ada di jari, bukan di kepala, sebab berusaha untuk mengingat lagu yang kita mainkan justru akan mengganggu konsentrasi dan berakibat fatal bagi performa kita. Dalam menguasai lagu, banyak hal yang kita harus lakukan, di antaranya mempelajari lagu dengan baik, Bermain tanpa melihat alat musik yang kita mainkan, misalnya mata kita selalu mengarah pada senar-senar gitar atau bass kita, tentu ini sangat tidak baik bagi penampilan kita di panggung, selain itu bermain sambil berpindah tempat juga dapat meningkatkan performa kita, ini bisa menimbulkan kesan professional.

Perhatikan Posisi Badan

Bergerak lebih aktif dan atraktif di atas panggung juga penting, daripada harus berdiri dan menghadap ke bawah. biasanya pemula akan melakukan itu, tapi sangat tidak professional kelihatannya, jadi berusahalah untuk berpindah tempat, tapi jangan terlalu berlebihan, sesuaikan dengan kondisi panggung dan stamina kita.

Longgarkan Tali Gitar/Bass

Sebelum beraksi, perhatikan posisi tali gitar/Bass Anda, jangan lanjutkan bermain sebelum merasa pas dengan posisi gitar Anda. Dalam hal ini saya perhatikan gitaris/bassist professional selalu menempatkan gitar/bass mereka lebih bawah, semakin bawah posisi gitar/bass semakin terlihat cool dan percaya diri, lihat saja aksi Slash, Yngwie Malmsteen, Paul Gilbert dan lain-lain. Walaupun banyak juga gitaris /bassist yang menempatkan gitar/bass mereka lebih atas sampai ke dada, tapi ini kelihatan tidak cool, usahakan lebih bawah.

Lebarkan Kaki Saat Berdiri

Terdengar spele dan tidak penting, tapi hal-hal spele kadang menjadi perhatian bagi audience. usahakan berdiri dengan kaki lebih terbuka, daripada harus berdiri dengan posisi kaki rapat, bisa-bisa penonton akan berterian Siaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaapppp Grak!!!

Bergerak dan Berpindah Tempat.

Sebaiknya agar terlihat lebih cool, Anda bergerak mengikuti irama lagu, bisa dengan menganggukkan kepala, menggerak-gerakkan kaki, mengangkat gitar/bass, atau berdiri di atas sound di pinggir panggung. Tapi Anda juga harus menyelaraskan gerakan dengan warna musik yang Anda bawakan, tentu tidak pas berjingkrak-jingkrak saat lagu mellow sedang mengalun.

Berkomunikasilah dengan Penonton

Ini sangat penting, ajaklah penonton Anda berkomunikasi dengan menatap mata mereka secara acak, atau mengajak mereka bernyanyi, tepuk tangan, anda juga bisa pura-pura menyanyi, ini bisa menghilangkan kegugupan kita di atas panggung, perlu diingat, bahwa jangan melihat mata penonton pas di matanya, tapi tataplah di atas matanya agar pandangan kita tidak kalah.

Lebih dari itu, setiap musisi punya ciri khas masing-masing, saya hanya menulis berdasarkan pengalaman saya, hal terpenting adalah jadilah diri sendiri dan tidak meniru karakter orang lain. Tapi tertutup terhadap perubahan sangat tidak baik, usahakan perbanyak referensi Anda dengan sering melihat aksi dari professional. selamat mencoba..
Share this article :

2 comments:

  1. wow. ilmunya bermanfaat banget gan, biar ane tambah keren and cewek pada naksir hahah
    makasih ya

    ReplyDelete
  2. ngga mungkin ahh... zacky vengeance..ja pake jas!!! keren + pas.

    ReplyDelete

 
Copyright © 2011. Diagram Band - All Rights Reserved