Headlines News :
Home » » Teknik Arpeggio Pada Gitar

Teknik Arpeggio Pada Gitar

Written By dede on Saturday, January 28, 2012 | 7:07 PM

Kali ini saya mau bagi info sedikit tentang Arpeggio, yang di kalangan gitaris tentu sudah sangat familiar, tapi bagi pemula mungkin ini adalah hal yang baru, termasuk saya adalah pemula, hehehe. Ok kita langsung saja..
Arpeggio adalah teknik pemecahan kunci,  ini artinya adalah unsure kunci (chord tones) dimainkan secara bergantian atawa satu persatu.  Arpeggio dapat juga dimainkan pada tangga nada diatonic untuk kunci yang statis. Seperti contoh berikut:
Menggunakan semua arpeggio kunci pada tangga nada C Mayor (CM7 – Dm7 – Em7 – FM7 – G7 – Am7 – Bm7-5) untuk kunci Dm7. Agar pergerakan nada (Arpeggio) tidak terkesan monoton, maka dapat digunakan diatonic arpeggio dengan 4 atau 5 putaran untuk satu kunci. Sebagai contoh diatonic arpeggio tangga nada C Mayor dimainkan dalam putaran 4 dan 5 untuk kunci Dm7, jadi hasilnya akan seperti ini:  susunan arpeggionya (CM7-G7-Dm7-Am7-Em7-Bm7-5-Em7-Am7-Dm7) untuk 4 arpeggio pertama menggunakan putaran 5 dan 4, arpeggio berikutnya menggunakan putaran 5.  Jadi tidak akan terkesan monoton.
Share this article :

2 comments:

  1. Wah nice inpo sob... visit back ya

    ReplyDelete
  2. Salam kenal...izinkan saya berbagi link untuk yg ingin belajar gitar secara lengkap dan mendownload ebook pelajaran gitar untuk Pemula, blues, jazz dalam Bhs Indonesia silahkan di www.gitarzoom.blogspot.com
    trimakasih

    ReplyDelete

 
Copyright © 2011. Diagram Band - All Rights Reserved